Tuesday, October 23, 2007

HUTANG

.
Aku berhutang pada bapakku, yang mencintai dan menuntun jalan hidupku
Aku berhutang pada ibuku, yang mencintai dan membesarkanku dengan kesejatian kasih sayang
Aku berhutang pada saudara-saudaraku, yang mencintai dan sedikit banyak beberapa hal dari mereka aku tiru

Aku berhutang pada masa kecil, yang membahagiakan dan membentuk batin
Aku berhutang pada rumah, yang kokoh melindungi dan kepadanya hingga kini aku bertaut
Aku berhutang pada teman-teman, yang mengajari mengenal sesama yang tak lain adalah diri sendiri

Aku berhutang pada guru-guru, yang membekali dengan sabar menjadi apa aku sekarang
Aku berhutang pada sekolah, yang memberi kebanggaan dan rasa memiliki
Aku berhutang pada orang-orang yang memberiku pekerjaan, karenanya aku menjadi produktif dan mampu menerapkan ilmu

Aku berhutang pada agamaku, yang tak kenal lelah melembutkan hati yang sombong dan mengingatkan dimana dan kemana aku kini dan akan berlari
Aku berhutang pada agamamu, yang menjadikan aku mampu lebih mengenal Tuhan melalui banyak pintu

Aku berhutang pada bangsaku, yang memerdekakan dan menjelaskan siapa aku
Aku berhutang pada dunia, sekolah terbesar tanpa ijasah tanpa batas waktu

Aku berhutang pada istriku, yang menyatu dengan diriku menghadapi tantangan dan keindahan hidup
Aku berhutang pada anakku, kepadanyalah seluruh hutang-hutangku akan kubayar

Aku berhutang pada Tuhanku, tak akan kubayar karena Dia tlah jadikan aku tuhan atas jiwaku